PERTANYAAN SEPUTAR DINAR IRAQ

Senin, 22 Desember 2008

Dimanakah uang Dinar Irak yang baru ini dicetak?
Dicetak di percetakan uang De la Rue Inggris, perusahaan security printer terbesar di dunia. Banyak negara-negara lain yang mencetak uangnya di sini.

Mengapa saat ini saya tidak dapat membeli New IQD(Dinar Irak) melalui bank international atau Money Changer?
Bank-bank internasional atau money changer belum dapat menyediakan New IQD, karena New IQD belum termasuk dalam mata uang yang diperdagangkan saat ini, dikarenakan nilai tukarnya yang masih lemah. Saat nanti tingkat nilai tukarnya telah menguat dan ditetapkan secara resmi, Anda akan dapat memperolehnya pada bank-bank internasional atau money changer.

Bagaimanakah saya memastikan bahwa uang ini Asli?
Banyak cara untuk memastikannya, seperti bau uang yang khas, adanya watermark kepala kuda, garis metalik, tinta metalik, yang semuanya hanya bisa dilihat oleh sinar violet. (alat ini selalu ada di Bank atau beli sendiri). Pada tanggal 15 Oktober 2003 Bank irak menyatakan sudah mulai beredarnya uang Dinar irak yang Baru untuk mengganti uang Dinar yang lama. Pecahannya terdiri dari 50, 250, 500,1000, 5000, 10000, dan 25000. Untuk lebih meyakinkan Anda, Anda bisa membeli uang Dinar ini dan membawanya ke kedutaan besar irak di Jakarta untuk mencek kebenarannya.

Mengapa saya tidak dapat membeli IQD dengan rate yang saat ini terdaftar pada Central Bank of irak?
Karena nilai tukar tersebut hanya berlaku pada institusi atau nasabah bank setempat.
Terdapat perbedaan harga yang mencolok antara harga jual nilai mata uang ini dengan harga resmi currency exchange.

Mengapa harganya di MarkUp?
Jika Anda tahu resiko untuk mendapatkan uang ini dengan pergi ke irak, maka Anda akan memakluminya. Harga di Markup karena adanya pengorbanan resiko dari pihak supplier kami di Yordania untuk pergi ke irak, waktu, Bank Charges, bea kirim dan lain-lain. Bayangkan jika Anda harus pergi sendiri ke Yordania dan dilanjutkan jalan darat ke irak? Mau taruhan nyawa? Seperti yang Anda tahu saat ini kondisi di irak belum stabil.

Bagaimana saya dapat mengikuti nilai pertukaran dari New IQD?
Anda dapat menemukannya pada keterangan perubahan nilai tukar mata uang pada web Bank Sentral irak(Central Bank of irak) di sini

Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga tingkat nilai tukar yang resmi ditetapkan-meningkat misalnya pada posisi IQD1=US$1?
Sebelumnya, semua pengamat ekonomi memperkirakan ini akan terjadi pada tahun 2006. Tetapi pada kenyataannya, itu tidak terjadi. Waktu yang dibutuhkan mungkin saja hanya satu hari, atau beberapa tahun lagi! Inilah mengapa kita perlu bersabar, dan dalam jangka waktu ini kita manfaatkan dengan membeli Dinar sebanyak mungkin!! karena jika sudah ditetapkan pada nilai tersebut, anda akan mendapatkan harga beli IQD ini sangat mahal bisa 10 sampai 20 kali lipat karena banyak orang yang akan mencari IQD ini dan otomatis stok di pasaran akan menipis. Mumpung harganya masih murah dan belum banyak yang tahu, tak ada salahnya memilikinya dari sekarang.

Bagaimana jika irak memutuskan untuk mengubah mata uang mereka lagi?
Kemungkinan besar ini tidak akan terjadi. Sangat mahal bagi sebuah negara untuk mengubah mata uangnya, dan jika tidak ada indikasi, ini tidak mungkin terjadi lagi. New IQD telah diterima dengan sangat baik oleh masyarakat irak, dan telah mempersatukan negara ini di bawah satu mata uang. Terlalu mahal biaya yang ditanggung bank sentral dan pemerintah irak jika IQD ini diganti lagi. Bukan perkara mudah memperkenalkan dan menyosialisasikan IQD ini ke rakyat irak apalagi dalam kondisi perang. Itu belum termasuk IQD yang sudah tersebar ke seluruh dunia yang dimiliki oleh para investor yang melihat peluang besar IQD ini. Sudah tak terhitung jumlahnya IQD yang sudah dibeli para investor dari seluruh dunia. Banyak orang di irak sangat bangga pada mata uang mereka, karena merefleksikan banyak sejarah dan kekuatan penting di irak. New IQD juga merupakan suatu pengingat pada mereka bahwa Saddam telah keluar dari kehidupan sehari-hari mereka. Pada 2004, mereka mulai membuat pecahan yang lebih kecil, juga koin, untuk mendorong semakin meningkatnya nilai tukar IQD. Ini juga merupakan suatu konfirmasi tentang komitmen jangka panjang mereka terhadap mata uang ini.

Kapan uang ini bisa ditukarkan?
Saat ini belum bisa ditukarkan di bank maupun Money Changer karena memang belum diperjualbelikan di pasar uang internasional secara resmi. Tapi Jika pemerintahan irak telah menset exchange rate untuk dijual bebas di pasaran, Anda bisa pergi ke beberapa Bank Internasional atau Money Changer untuk menukarkannya (konfirmasi dulu ke bank/Money Changer).

Bank apa saja yang sudah masuk ke negara irak?
- HSBC- Standard Chartered
- National Bank of Kuwait
- Iranian National Bank
- Commercial Housing Bank
- Bahraini Arab Banking Institute
Informasi lebih lanjut silahkan klik di sini

Kira-kira bank apa yang mau menerima penukaran IQD ini?
Bank internasional yang sudah masuk irak dan punya cabang di Indonesia adalah Hongkong Shanghai Bank Corporation (HSBC) dan Standard Chartered. Kedua bank inilah yang berpeluang besar menerima penukaran IQD pada tahap awal (konversi ke US$ dulu baru dikurskan ke Rp). Setelah itu baru disusul bank-bank lain dan Money Changer. Syukur-syukur kalau pada tahap awal, IQD ini sudah bisa ditukarkan di bank-bank lain dan Money Changer. Itu harapan kita semua :) amin.

Bagaimana kalau di kota saya tidak ada HSBC dan Standard Chartered?
Jika anda sudah tidak sabar ingin mencairkan Dinar irak anda, mau tidak mau anda harus mencari informasi dimana ada cabang HSBC dan Standard Chartered terdekat dari kota anda. Tapi jika anda mau bersabar, silakan tunggu sampai bank-bank lain atau Money Changer menerima penukaran IQD. Jika tidak ada cabang HSBC dan Standard Chartered sama sekali di kota anda atau yang terdekat, jalan terakhir adalah anda harus mencairkan sendiri di kantor pusat HSBC dan Standard Chartered di Jakarta atau untuk kawasan timur Indonesia setahu saya ada di Surabaya. Jika masih belum ada jalan untuk menukarkan, tunggu saja sampai ada info terbaru. Pasti ada jalan...

0 komentar: